Kaprodi Geomatia UNJANI
1 3 min 8 bulan

Cimahi Bandung, Kepala Program Studi Teknik Geomatika Universitas Jenderal Achmad Yani Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. membeberkan pentingnya belajar Ilmu Geomatika sebagai sebuah Program Studi Baru di Fakultas Teknik Unjani, Senin 07 Maret 2022.

Wawancara ekslusif dengan Kaprodi Teknik Geomatika Unjani oleh Adil Sadana Redaktur Pelaksana media beritasiber.net dilakukan di Kampus Teknik Geomatika Unjani “KAMPUS CIMAHI” Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat.

Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. menjelaskan bahwa Program Studi (Prodi) Teknik Geomatika merupakan prodi baru di Universitas Achmad Yani (Unjani) yang merupakan ilmu baru perpaduan dari Ilmu Kebumian (Geodesi) dengan Ilmu Informatika.

“ Teknik Geomatika adalah bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dan manajemen data spasial (berbasis lokasi). Data spasial didapatkan melalui pengukuran terestris, laut, wahana angkasa dan sensor-sensor satelit dengan beracuan pada kerangka dasar Geodesi. Termasuk juga proses transformasi data spasial dari berbagai sumber pengukuran ke dalam suatu sistem informasi dengan karakteristik ketelitian yang terdefinisi dengan baik. Inilah yang akan dipelajari oleh para mahasiswa Teknik geomatika,” Terang Kaprodi Teknik Geomatika yang adalah Pensiunan TNI AD dengan Pangkat Kolonel dari Kesatuan DITTOPAD.

“Ilmu Teknik Geomatika ini, sekarang dapat dipelajari di Fakultas Teknik Unjani Prodi Teknik Geomatika, yang saat ini sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru.” Tambahnya.

Adapun Visi Program Studi Teknik Geomatika Unjani adalah :

Menjadi program studi Teknik Geomatika berstandar nasional yang handal dan luhur di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mampu memberikan sumbangsih di Bidang Geospasial untuk menunjang pembangunan Nasional berkelanjutan

Dan Misi Program Studi (Prodi) Teknik Geomatika Unjani yaitu :

  1. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat yang handal dan akuntabel serta mampu memenuhi tuntutan masyarakat dalam bidang teknik geomatika
  2. Mengembangkan ilmu dan teknologi dibidang teknik geomatika melalui pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta mengembangkan SDM secara berkesinambungan untuk membentuk insan akademik yang berwibawa, berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan.
  3. Memberikan kontribusi dalam pengembangkan ilmu dan teknologi melalui kerja sama di bidang teknik geomatika dengan perguruan tinggi, pemerintah, institusi penelitian, masyarakat dan industri di tingkat nasional maupun internasional.

“Dalam kerangka mensukseskan program pemerintah tentang Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) Teknik Geomatika Unjani kini hadir memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut belajar ilmu geomatika ini, karena saat ini terbuka sangat luas bidang pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh para lulusan Sarjana Teknik Geomatika ini.’ Jelasnya.

Wawancara Eksklusif Adil sadana dengan Kol. (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT Ka Prodi Geomatika Unjani 07 Maret 2022.

“Peluang bekerja di instansi pemerintah seperti Kantor pertanahan, pertambangan.  Badan Informasi Geospasial (BIG), Konsultan Survey Pemetaan, Kontraktor, BUMN, Wiraswasta dan bahkan dapat juga menjadi perwira perwira TNI terutama di bagian Topografi,” Terangnya.

Lulusan Program Studi Sarjana Teknik Geomatika Unjani akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (ST) setelah mampu menunjukkan perilaku, tata bicara, dan penampilan yang santun dan berpendidikan, dapat menjadi bagian dari tim yang efektif, serta mampu menyampaikan gagasan dan pengetahuannya secara jujur, berdasar, terstruktur, efektif dan akurat; mampu menyampaikan gagasan dan pengetahuannya secara formal dalam bentuk tulisan maupun lisan serta menunjukkan kemampuan penggunaan pendekatan, metoda dan/atau teknologi rekayasa spasial untuk penyelesaian suatu persoalan rutin pada suatu bidang aplikasi dasar yang dipilih; serta memahami definisi potensi dan peran dirinya serta mampu mencari, menemukan dan memilih fakta dan informasi berkaitan dengan aplikasi rekayasa geopasial dasar secara terstruktur dan mandiri.
(Adil Sadana)

One thought on “Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT Kaprodi Teknik Geomatika Unjani Beberkan Pentingnya Studi Ilmu Geomatika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *