0 2 min 2 tahun

Bandung, Pemerintah berkomitmen untuk terus melanjutkan Kebijakan Satu Peta dengan menerbitkan Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000 yang diundangkan pada 6 April 2021.

Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat karena saat ini tidaklah banyak orang yang memiliki kemampuan yang ahli di bidang Pemetaan, bahkan pendidikan tinggi masih belum banyak yang membuka Program Studi Geomatika sebagai unsur utama suksesnya Kebijakan Satu Peta, One Map Policy ini.

Universitas Jenderal Achmad Yani atau Unjani merespon kebutuhan penyediaan Sumber Daya Manusia yang ahli di bidang pemetaan, saat ini membuka Progam Studi Geomatika dibawah Fakultas Teknik Unjani.

Kurikulum Prodi Teknik Geomatika Unjani secara spesifik dirancang untuk menghasilkan tenaga profesional yang memiliki setidaknya tiga kompetensi dasar yaitu surveying, positioning dan mapping, kompeten dalam menggunakan alat alat pengambilan data geospasial secara langsung di lapangan seperti Theodolit, Water Pass, Global Positioning System dan sebagainya, kompeten dalam mencari dan menyajikan data data spasial dalam berbagai bentuk peta dan informasi, kompeten mengolah data citra foto dan satelit dengan menggunakan software pengolah citra, seperti ER- Mapper, Envi, Arc Gis dan sebagainya.

Program Studi Teknik Geomatika Unjani diampu oleh para ahli dan akademisi yang sudah mumpuni, seperti Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT., yang memiliki bidang keahlian Geospasial Information System ( GIS ), Penentuan Batas Wilayah Darat & Survey GPS, lalu Letkol Ctp. Aminnudin, ST., MT. bidang Keahlian Pemotretan Udara, Fotogrametri, Penentuan Batas Maritim & Hukum Laut Internasional, serta beberapa dosen muda lulusan ITB, UGM dan ITS sebagai pengajar.

Program Studi Geomatika Unjani didukung oleh stakeholder terkait seperti Direktorat Topografi Angkatan Darat ( DITTOPAD), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan beberapa instansi lain serta komunitas pemetaan dan topografi.

Untuk informasi pendaftaran prodi Teknik Geomatika Unjani dapat menghubungi http://pendaftaran.unjani.ac.id atau WhatsApp di nomor 0822 2343 5855 dan email : tsipil@unjani.ac.id

(Adil Sadana, Red.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *