sukanto hadi
0 3 min 9 bulan
49 / 100

Beritakampus.id – Bandung, Jenderal TNI (Alm) Achmad Yani adalah Pahlawan Revolusi dan Tokoh Pimpinan TNI-AD yang dilahirkan pada tanggal 19 Juni 1922 di Desa Djenar Purworejo Jawa Tengah. Semasa hidupnya beliau mempunyai cita-cita mendirikan sebuah Perguruan Tinggi sebagai sarana partisipasi TNI-AD dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai rasa bakti dan untuk melestarikan semangat juang serta cita-cita Jenderal Achmad Yani, maka namanya diabadikan sebagai nama dari Universitas yang dikelola oleh Yayasan Kartika Eka Paksi yaitu UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI (UNJANI).

Dalam sejarahnya, UNJANI merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Tinggi yang dikelola oleh Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) yaitu :

  • Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STT-A)
  • Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung Jenderal Achmad Yani (STTIB)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIE-A)
  • Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jenderal Achmad Yani (ST-MIPA-A)

Penggabungan di atas terjadi pada tahun1990 dengan Surat Keputusan Yayasan Kartika Eka Paksi No.027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 dan yang kemudian dikukuhkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui surat Keputusan Menteri No.0152/o/1990 tanggal 9 Agustus 1990. Tanggal 20 Mei tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari berdirinya UNJANI. Kemudian pada Tahun Akademik 1992/1993 Unjani menambah dua Fakultas baru , Yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP) dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.210/Dikti/Kep/1992 tanggal 1 Juni 1992 dan Fakultas Kedokteran dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.45/o/1993 tahun 1993. Yang terakhir Unjani membuka Program Studi Farmasi mulai TA.1999/2000 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.217/Dikti/1999 tanggal 10 Mei 1999, Magister Ilmu Pemerintahan (S-2) dengan SK Dirjen Dikti No. 695/D/T/2004 dan Fakultas Psikologi-Jur. Psikologi S-1dengan Ijin Penyelenggaraan Dirjen Dikti No. 190/D/T/2003.

https://youtu.be/xuFB2sBqbDY

Kini Unjani mempunyai 5 Fakultas, 13 Jurusan dan 19 Program Studi untuk Pendidikan D3, S1 dan S2. Program Pendidikan Unjani selalu berorientasi pada kegiatan yang terprogram, terpadu dan tepat waktu.

Fakultas Teknik Unjani memiliki Program Studi baru yang Bernama Prodi Geomatika. Prodi Geomatika tergolong bidang keilmuan baru. Geomatika adalah ilmu yang merupakan gabungan dari geodesi dan informatika. Geodesi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu. Sedangkan informatika merupakan bidang yang mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses, dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Secara umum geomatika bisa diartikan sebagai bidang ilmu yang menyajikan pemetaan, pemodelan, dan analisis data spasial dengan menggunakan dukungan teknologi informasi. Produk yang dihasilkan dari kajian Jurusan Teknik Geomatika yakni berupa peta dengan dukungan informasi yang komprehensif untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan pada berbagai bidang, misalnya pertambangan, kesehatan, kehutanan, perikanan, pertanian, perencanaan wilayah, militer, dan masih banyak lagi.

Perbedaan geodesi dan geomatika terletak pada produk peta yang dihasilkan. Geodesi masih condong menggunakan pendekatan manual sementara geomatika sudah mengaplikasikan pendekatan teknologi atau digitalisasi pemetaan.

(Dharma El)

Sumber : https://ft.unjani.ac.id/profil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *