0 3 min 7 bulan
9 / 100

Beritakampus.id – Jakarta, Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA Indonesia) kembali menyelenggarakan acara Apresiasi PEWARNA Indonesia (API), di tahun 2023 ini. Acara tahunan yang sudah tujuh kali digelar ini merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap sejumlah insan yang aktif memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa, gereja, hingga figur yang berperan dalam menjaga nilai kesetaraan dan keberagaman, di tengah bangsa Indonesia yang majemuk. Acara yang akan dibuka oleh Dr. I. G. N. Arya Wedakarna. M. W. S III, ini, dilaksanakan di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (31/7/2023).

Penyelenggaraan API tahun 2023 turut diisi dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-10 PEWARNA Indonesia. PEWARNA Indonesia sendiri didirikan pada tanggal 10 Januari 2013 di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan dikukuhkan dalam Kongres Nasional I di Arga Puri Resort, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 24 Juli 2016.

“Pemberian Apresiasi PEWARNA Indonesia merupakan suatu penghargaan dari kami selaku jurnalis nasrani kepada figur-figur yang sudah mendedikasikan hidup dan karya mereka bagi kemajuan bangsa ini. Para penerima apresiasi berasal dari latarbelakang yang beragam, mulai dari artis kristiani, pimpinan gereja, kepala pemerintahan, penegak hukum, hingga pegiat nilai kesetaraan dan keberagaman. Kami juga berharap lewat momen ini dapat makin menguatkan komitmen kebersamaan untuk terus mengawal semangat kebhinekaan di Indonesia. Momen API kali ini juga menjadi sangat istimewa bagi kami, karena kami selenggarakan bersamaan dengan perayaan Ulang Tahun ke-10 PEWARNA Indonesia,” ujar Yusuf Mujiono, Ketua Umum Pengurus Pusat PEWARNA Indonesia.

Pada penyelenggaraan API kali ini PEWARNA Indonesia memberikan penghargaan kepada sejumlah figur lintas profesi yang terbagi ke dalam 12 kategori, antara lain:

Bhante Dhammasubho Mahatera, selaku Figur Penjaga Keberagaman

Jan Piet Mosso, S.Sos, MM, selaku Figur Kepala Daerah Pengamal Harmoni

Gibran Rakabuming Raka, selaku Figur Kepala Daerah Pengamal Harmoni

Ronny Talapessy, SH., MH, selaku Figur Hukum yang Berdampak Bagi Masyarakat Nasrani

Jessica Sudarta, selaku Figur Muda yang Menginspirasi Masyarakat Nasrani

Jeremiah Rakesh, selaku Artis/ Figur Publik yang Menginspirasi Masyarakat Nasrani

Sekolah Kristen Kabar Baik, selaku Lembaga Pendidikan yang Mengispirasi Masyarakat Nasrani

Mercy Christy Barends, ST, selaku Figur Politisi yang Menginspirasi Masyarakat Nasrani

Radio Heartline 100.6 FM, selaku Lembaga Media yang Berpengaruh bagi Masyarakat Nasrani

Bambang Jonan, selaku Figur Oikumenis

Panti Rehabilitasi Kasih Agape, selaku Lembaga Misi yang Menginspirasi Masyarakat Nasranitr

Markus Soegiarto Hartono, selaku Figur Budaya yang Menginspirasi Masyarakat Nasrani

Dr. SHRI I.G.N Arya Wedakarna M.WS III,SE,M.Tru, MSi Anggota DPD-RI dalam sambutannya mengatakan,” Kegiatan Apresiasi Pewarna Indonesia yang merupakan kegiatan lintas Suku, Lintas Agama dan Lintas Kebudayaan perlu didorong terus. Saya berharap pada acara berikutnya Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa juga perlu dihadirkan. Keberagaman sebagai wujud Bhinneka Tunggal Ika di Bumi Nusantara ini harus terus dinyalakan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terwujud sebagai kekayaan budaya kita.” Pungkasnya.

(Mas Dharma EL/  Red***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *