0 3 min 5 bulan
51 / 100

Beritakampus.id – Jakarta, Agen Pemulihan Kelurahan Jati “SETIA” (Se-Jati Anti Narkoba) Binaan Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur Rahmat Hidayat, SH.,M.Kn. mengadakan Sosialisasi Program Intervensi Berbasis Masyarakat di Kelurahan Jati Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari Minggu, 01 Oktober 2023 mengambil tempat di Sekretariat RW. 04 Jl. Jati Batang I No. 14 A RT. 12 RW. 04 Kelurahan Jati Pulo Gadung Jakarta Timur.

Salah satu cara efektif Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam perang melawan Narkoba, adalah dengan membentuk program unggulan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Melalui program tersebut, BNN mengajak masyarakat untuk turut bergerak memerangi penyalahgunaan Narkoba dilingkungannya secara aktif dan mandiri.

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan penyalahgunaan Narkoba dan mengikutsertakan masyarakat untuk mengintervensi ke masyarakat yang telah melakukan penyalahgunaan Narkoba.

Intervensi Berbasis Masyarakat merupakan intervensi di bidang rehabilitasi terhadap penyalahguna Narkoba yang dirancang dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat melalui Agen Pemulihan sesuai dengan kearifan lokal.

Agen Pemulihan mempunyai peran dalam menangani penyalah guna Narkoba dengan resiko tingkat ”ringan”, sedangkan untuk tingkat resiko sedang sampai berat, klien akan dirujuk ke lembaga rehabilitasi, fasilitas kesehatan ataupun instansi terkait lainnya.

“Ketika Pemulihan dilakukan oleh masyarakat sendiri maka hal tersebut akan timbul rasa saling memiliki, saling tanggung jawab dan saling peduli kepada anggota masyarakatnya”, Terang Rahmat Hidayat, SH., M.Kn. Ketua Agen Pemulihan Kelurahan Jati Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur.

“Hari ini kami mengadakan kegiatan sosialisasi Intervensi Berbasis Masyarakat  bekerja sama dengan Ojek Online “JAPUG” (Jati – Pulogadung), yang dihadiri oleh Lurah Jati Evi Erawati, MA. Beserta Plt.Kasie.Pem. Kel.Jati Herry Nuryanto, SatPol PP Kel. Jati, FKDM Kel. Jati H. Nasuki, Ketua RW.04 beserta Staff RW.04, Ketua RT.01 s/d Ketua RT.16 RW.04, Ketua dan Anggota Karang Taruna kel. Jati, Ketua dan Anggota PKK kel. Jati, Koordinator dan Anggota Jumantik RW.04, Ketua dan Anggota Posyandu RW 04, Koordinator dan Anggota Dasawisma RW.04, Siskomas Kel. Jati, dan para remaja yang sudah menggunakan Narkoba.” Lanjut Rahmat.

Lurah Kelurahan Jati Evi Erawati mengatakan,” Saya mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan ini, karena bahaya narkoba memang harus ditanggulangi secara bersama sama. Dengan Program IBM akan mempermudah memonitor peredaran narkoba dan mencegah bahayanya. Saya minta masyarakat kelurahan Jati ikut mensukseskan kegiatan ini,” Ujarnya.

Hadir Ketua Ojek Online Jati – Pulo Gadung (JAPUG) beserta anggotanya, Karang Taruna RW 04 Kel. JATI, Para Ketua RT dan Wakil RW yang dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

Antusiasme peserta sosialisasi IBM ini dapat dilihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan dalam sesi tanya jawab, yang  kesemuanya mengarah pada apresiasi terhadap Program Intervensi Berbasis Masyarakat ini dan mereka sangat mendukung dalam pelaksanaannya. Seluruh kegiatan berjalan dengan baik dan sukses.

( Dharma L/ Carlla/ Yousi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *