0 3 min 4 bulan
59 / 100

Beritakampus.id ,Bandung – Jawa Barat, Gabungan Bersama Himpunan Universitas 2023 Gelar Workshop Pelatihan Alat Drone dan LiDar Laser Scanner di Pusat Pendidikan Topografi (Pusdiktop) TNI AD JL Sariwangi No. 69, Parongpong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia selama  hari mulai 03 November 2023 sampai dengan 04 November 2023.

Kegiatan yang diberi nama Workshop LATGAB GPS Geodetik RTK dan Pemanfaatan Lidar mengangkat tema “Terwujudnya Generasi Emas dan Menuju SDM Teknik Geodesi & Geomatika Yang Unggul” dibuka dengan sambutan Kaprodi Geomatika Unjani Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT.

Dalam sambutannya Kaprodi Geomatika Unjani Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. mengatakan,” Workshop Pelatihan Alat Drone dan LiDar Laser Scanner diadakan untuk meningkatkan soliditas para mahasiswa teknik Geodesi dan Geomatika. Dengan Workshop ini diharapkan memberikan pencerahan kepada para mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika terkait dengan peran teknik geomatika di era revolusi industri 5.0 serta terwujudnya Generasi Emas menuju SDM teknik Geodesi & Geomatika yang unggul,” Paparnya.

Lanjut, Kaprodi Geomatika Unjani mengatakan,” Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih atas support penyelenggaraan Workshop kepada Dirtopad, Danpusdiktop, Katopdam III/SLW, juga kepada Para sponsor yaitu PT. KOMPAS NAVIGASI, PT. TUJUH PILAR, IMGI dan CV. BNT.,” Pungkasnya.

Sebelum kegiatan workshop ada beberapa kata sambutan yaitu dari pihak penyelenggara yaitu PT. Kompas Navigasi Indonesia dilakukan oleh Direktur PT. Kompas Navigasi, lalu kata sambutan dari Direktur PT. Tujuh Pilar, sambutan IMGI dan sambutan Ketua Pelaksana dari CV. BNT.

Kegiatan Workshop dilanjutkan dengan talkshow dari Pemateri Pertama yaitu Kolonel (Purn) Drs. Rustandi Zainal Abidin, B.Eng., M.Si.  yang mengulas mengenai “Teori Dasar Sejarah Perkembangan Alat Survey”, dilanjutkan oleh  Ir. H. Chandra Afriade Siregar, ST., MT., IPU yang membawakan materi mengenai “Implementasi Instrusmen Alat Ukur Dalan Dunia Teknik Sipil”.

Dari Pertanahan BPN Kota Bandung memberikan materi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan SDM BPN Terkait Kemajuan Teknologi Terhadap Informasi Geospasial Tematik”

Selepas Isoma. Kaprodi Geomatika Unjani Kolonel (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. membawakan materi “Pengantar Lidar Dalam Pengukuran” dilanjutkan dengan  Pemaparan GPS Geodetik RTK oleh PT. Kompas Navigasi Indonesia,  Pemaparan Drone UAV oleh PT. Kompas Navigasi Indonesia, Pemaparan Lidar Laser Scanner PT. Kompas Navigasi Indonesia.

Kegiatan Workshop LATGAB GPS Geodetik RTK dan Pemanfaatan Lidar pada hari pertama ditutup dengan acara Penutupan dan Foto Bersama seluruh peserta.

Workshop Pelatihan Alat Drone dan LiDar Laser Scanner di Pusat Pendidikan Topografi (Pusdiktop) TNI AD pada hari kedua 04 November 2023 dibuka dengan  Sambutan Kaprodi ITB, Sambutan Kaprodi UPI, Sambutan Kaprodi Unwim dan Sambutan Kaprodi ITENAS.

Kegiatan Workshop dilanjutkan dengan LatGab yaitu Praktik LiDar Laser Scanner oleh PT. Dunia Survey, Praktik GPS Geodetik RTK dipandu oleh PT. Kompas Navigasi Indonesia,  Praktek Pengolahan Data Drone oleh PT. Kompas Navigasi Indonesia ,Pengolahan Data GPS RTK PT. Kompas Navigasi Indonesia dan Pengolahan Hasil Data LiDar Laser Scanner oleh  PT. Dunia Survey.

Kegiatan Workshop LATGAB GPS Geodetik RTK dan Pemanfaatan Lidar  ditutup Penyerahan Kenang-Kenangan kepada para Pembicara dan sesi Foto Bersama.

 Acara Pelatihan Alat Drone dan LiDar Laser Scanner Bandung, 03 November 2023 – 04 November 2023 Pusat Pendidikan Topography Angkatan Darat diikuti oleh 135 personel dari himpunan mahasiswa ITB, ITENAS, UNWIM, UNJANI, UPI & UNIVERSITAS SANGGA BUANA personel dari Dittopad, Pusdiktop TNI AD & Topdam III/slw.

(Dharma L.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *