0 2 min 3 bulan
47 / 100

Beritakampus.id – Jakarta, Mahasiswa Psikologi Klinis Universitas Persada Indonesia YAI melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa Islam Klender Jakarta. Kunjungan ini diikuti oleh 64 mahasiswa peserta kunjungan dan dibagi menjadi dua sesi yaitu pada tanggal 28 November 2023(Sesi 1) dan 5 Desember(Sesi 2) yang masing masing berisi 32 mahasiswa dan dibagi lagi menjadi 8 kelompok.

Kunjungan mahasiswa Psikologi Klinis Universitas Persada Indonesia YAI ke RSJ ini didampingi oleh Dosen Pengampu Dr. Rilla Sovitriana, M.Si, Psikolog, dan didampingi juga oleh ibu Novi Kurnia Maulidta M.Psi. Psi selaku Psikolog di RS Jiwa Islam Klender Jakarta dan koordinator kelas mahasiswa Yudista Wangsa Prajamukti.


Pada Sesi 1 dan 2 kunjungan RSJ sama sama dimulai pada pukul 10.30, kegiatan dimulai setelah koordinator peserta meng absen peserta kunjungan yang berjumlah 32, lalu semua peserta dikumpulkan pada satu ruangan dan terbagi menjadi 8 kelompok.

Ada dua agenda pada kunjungan sesi 1 ini pertama peserta akan melakukan wawancara terhadap pasien rehab dan kedua observasi pada pasien rawat inap, oleh karena itu digunakan system rolling/bergantian yaitu dari 8 kelompok dibagi lagi menjadi dua, 4 kelompok akan lebih dulu mewawancarai pasien rehab dan 4 kelompok lainnya akan lebih dulu observasi pasien rawat inap rawat inap.

Dari hasil observasi dan wawancara ini peserta kunjungan mendapatkan banyak informasi terkait penyakit psikotik atau schizophrenia dan gejala serta mengetahui dampak dan penyebab penyakit yang dialami oleh pasien rawat inap dan pasien rehabilitasi.


Manfaat kunjungan RSJ diperoleh para mahasiswa UPI YAI yaitu untuk tetap semangat menghadapi semua masalah yang dihadapi seperti layaknya pasien rehabilitasi yang tetap memiliki keinginan untuk sembuh dan mencapai impian yang diharapkan.

(Rochman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *