0 11 min 2 bulan
68 / 100

(Sebuah Refleksi Tema Natal PGI – KWI : Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi)

Oleh: Dharma Leksana, S.Th., M.Si.

Bacaan Alkitab :

Lukas 2:14-52

Konteks

2:14 “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera  di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

2:15 Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.”

2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.   

2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.

 2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.

2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya d  dan merenungkannya.

2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah e  karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

DHARMA LEKSANA, S.TH., M.Si.

Beritakampus.id, Mengutip laman resmi PGI, tema Natal 2023 adalah Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi. Tema ini diambil berdasarkan Lukas 2:14.

Tema ini biasanya akan menjadi dasar bagi gereja di bawah naungan PGI dan KWI sebagai khotbah Natal nantinya.

Makna Tema Natal 2023 PGI-KWI

Disebutkan laman situs resmi PGI ( Klik tautan : https://pgi.or.id/wp-content/uploads/2023/11/Pesan-Natal-Bersama-PGI-KWI-Tahun-2023.pdf ), tema ini merupakan sebuah pemberitahuan atas kelahiran Yesus Kristus di Betlehem. Dari lahirnya Yesus menjadikan tanda bagi yang percaya kepada-Nya untuk diselamatkan.

“Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat yaitu Kristus Tuhan di kota Daud (Lk 2:10-11).

Para gembala adalah pribadi-pribadi sederhana yang memiliki harapan besar kepada Sang Mesias sebagai pembawa damai sejahtera,” seperti tertulis di warta pemberitaan PGI-KWI.

“Natal mengajak umat beriman untuk masuk dalam karya penyelamatan Allah dan bertemu dengan Sang Juru Selamat agar mengalami damai sejahtera. Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu di panggil menjadi satu tubuh dan bersyukurlah (Kol 3:15). Damai sejahtera (shalom) sebagai suasana hidup yang damai, rukun, dan tentram, tidak hanya berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Allah, tetapi juga hubungan antarsesama umat manusia dan antara manusia dengan alam semesta,” sambung isi warta.

Selain itu makna dari Natal menegaskan bahwa kelahiran Yesus menjadi sukacita bagi yang percaya kepada-Nya. Natal juga menjadikan tanda sebagai penegak Kerajaan Kasih dalam perbedaan agama, suku, hingga golongan.

Natal kali ini juga mengingatkan kita akan tahun politik yang dihelat 2024. Sehingga kita tetap waspada agar tidak adanya penyebaran kebencian.

Oleh karena itu, PGI-KWI mengajak agar setiap perhelatan politik nantinya berlandaskan ajaran Allah yang harus dimuliakan.

“Dengan berpegang pada prinsip bahwa Allah harus dimuliakan, maka politik identitas dan politik uang bukan pilihan perjuangan politik umat Kristiani. Kita menolak politik kekuasaan yang menghalalkan segala cara termasuk mengorbankan rakyat dan merendahkan martabat luhur kehidupan,” tertulis dalam isi warta.

Dalam Natal kali ini juga PGI-PWI mengajak mereka beriman untuk tidak melakukan perusakan lingkungan. Sebab hal itu juga diperintah Allah agar menjaga eksistem makhluk hidup.

“Perayaan Natal mestinya mendorong kita untuk semakin peduli, kritis, dan berani menolak berbagai bentuk perusakan lingkungan hidup, seperti pemanfaatan sumber daya alam tanpa ada upaya pemulihan, serta pencemaran air, tanah, dan udara yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup semua makhluk. Tanggung jawab menjaga lingkungan hidup ini merupakan panggilan dan perutusan dari Allah sendiri untuk semua umat beriman (bdk. Kej 2:15). Kesejahteraan bagi semua makhluk hanya akan terwujud bila alam ciptaan-Nya selalu terpelihara dan terjamin kelestariannya. Oleh karena itu bumi akan turut bersorak sorai memuji Allah: Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai (Mz 96:11),” ungkap warta.

Tak lupa, Natal ini mengajak mereka yang beriman agar tak menyebarkan berita hoaks. Natal mengingatkan kita agar tak tenggelam dengan dunia digital yang saat ini sangat masif.

Dengan momen Natal ini sekiranya kita menjadi orang yang beriman dan lebih meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan Allah.

“Di tengah kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat, ramai, dan sibuk, kita tetap membutuhkan waktu hening untuk berjumpa dengan Allah, sehingga komunikasi dan perjumpaan kita dengan sesama dapat mendatangkan sukacita,” jelas warta itu.

Demikianlah tema Natal 2023 yang diterbitkan PGI dan KWI.

Penulis yang juga sebagai Pendiri Media Online https://warta-gereja.com sepakat dengan Tema Natal PGI – KWI tahun 2023 ini.

Sebagai Refleksi Tema Natal PGI – KWI : Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi bagi kami para wartawan Kristen adalah Media Online Warta Gereja Harus Menjadi Sarana Membawa Kedamaian Bagi Dunia di era digital sehingga membawa Kemuliaan Bagi Allah.

Seperti visi dan misi didirikannya media online https://warta-gereja.com yakni “Membangun Kerajaan Allah Dengan Jurnalisme di era Digital”, merupakan TUGAS dan TANGGUNG-JAWAB bagi media massa ini untuk memberitakan Natal secara tegas bahwa kelahiran Yesus menjadi sukacita bagi yang percaya kepada-Nya. Selain itu, Natal juga menjadikan tanda sebagai penegak Kerajaan Kasih dalam perbedaan agama, suku, hingga golongan.

PGI – KWI berpendapat bahwa “”Di tengah kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat, ramai, dan sibuk, kita tetap membutuhkan waktu hening untuk berjumpa dengan Allah, sehingga komunikasi dan perjumpaan kita dengan sesama dapat mendatangkan sukacita,”

Namun bagi kami di tengah kemajuan teknlogi informasi yang sangat cepat, ramai dan sibuk, selain kita membutuhkan waktu hening untuk berjumpa dengan Allah, sehingga komunikasi dan perjumpaan kita dengan sesama dapat mendatangkan sukacita, kita harus menerjemahkan kehendak Allah secara nyata melalui KARYA KARYA Nyata menyapa masyarakat dengan teknologi digital yang kita buat untuk melaksanakan MISIOLOGI yang kontekstual di era digital ini.

Salah satu tindakan nya seperti disebutkan dalam berita PGI melalui peristiwa Natal ini mengajak mereka yang beriman agar tak menyebarkan berita hoaks. Natal mengingatkan kita agar tak tenggelam dengan dunia digital yang saat ini sangat massif.

Namun memahami konteks duna digital seperti penulis sampaikan dibawah ini, Gerakan seperti anjuran PGI belumlah maksimal. Mari kita lihat konteks “Dunia DIGITAL 2023 Indonesia seperti berikut:

laporan “Digital 2023 Indonesia” dapat menjadi sumber data penting bagi para gereja dan orang Kristen yang tertarik untuk memahami tren teknologi digital di Indonesia dan mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk menterjemahkan ulang MISIOLGI di era digital sekarang ini. Gereja akan out of contex (keluar dari jamannya) apabila tidak lebur dalam menjalankan misinya di abad milenial.

Data (Tren) Pengguna Internet dan Media sosial Tahun 2023 di Dunia

Gambar dibawah ini menunjukkan data dan tren pengguna internet dan media sosial pada tahun 2023 di seluruh dunia:

  • Total Populasi (jumlah penduduk): 8,01 Milyar (naik 67 juta jiwa atau 0,8.% dari tahun 2022).
  • Perangkat mobile yang terhubung: 8,46 milyar (naik 180 juta atau 2,2% dari tahun 2022).
  • Pengguna Internet: 5,16 milyar (naik 98 juta atau 1,9% dari tahun 2022).
  • Pengguna Media Sosial Aktif: 4,76 milyar (naik 137 juta atau 3% dari tahun 2022).

Data (Tren) Pengguna Internet dan Media sosial di Indonesia Tahun 2023

Gambar dibawah ini memperlihatkan data tren penguna internet dan media sosial pada tahun 2023 di Indonesia:

  • Total Populasi (jumlah penduduk): 276,4 juta
  • Perangkat Mobile yang terhubung: 353,8 juta (128% dari total populasi).
  • Pengguna Internet: 212,9 juta (77% dari total populasi).
  • Pengguna Media Sosial Aktif: 167 juta (60,4% dari total populasi)

Waktu Orang Indonesia Mengakses Media Digital (Tahun 2023)

Dalam mengakses media digital, pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu yang bervariasi, dan dapat dilihat seperti yang terpampang pada gambar di bawah ini:

  • Waktu Rata-rata setiap hari dalam penggunaan internet: 7 jam, 42 menit.
  • Rata-rata setiap hari waktu melihat televisi (broadcast, streaming dan video tentang permintaan): 2 jam, 53 menit (naik 1,8% atau naik sekitar 3 menit).
  • Rata-rata setiap hari waktu menggunakan media sosial melalui perangkat apa pun: 3 jam, 18 menit.
  • Rata-rata setiap hari waktu menghabiskan mendapatkan musik: 1 jam, 37 menit.
  • Rata-rata setiap hari waktu bermain game: 1 jam, 15 menit.

Alasan Utama Orang di Indonesia Menggunakan Internet (Tahun 2023)

Pengguna internet di Indonesia memiliki beberapa alasan utama dalam penggunaan internetnya. Berikut adalah alasan-alasan utama pengguna internet di Indonesia:

  • Sebanyak 83,2% menggunakan internet untuk menemukan informasi.
  • Sebanyak 73,2% menggunakan internet untuk menemukan ide-ide baru dan inspirasi.
  • Sebanyak 73,0% menggunakan internet untuk berhubungan dengan teman dan keluarga.
  • Sebanyak 65,3% menggunakan internet untuk mengisi waktu luang.
  • Sebanyak 63,9% menggunakan internet untuk mengikuti berita dan kejadian terkini.
  • Sebanyak 61,3% menggunakan internet untuk menonton video, tv dan film.
  • dan lain sebagainya.

Website yang banyak dikunjungi orang di Indonesia pada Tahun 2023

Berikut adalah daftar website yang sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia berdasarkan penilaian dari Similarweb:

  1. Google.com
  2. Youtube.com
  3. Facebook.com
  4. Instagram.com
  5. Twitter.com
  6. Whatsapp.com
  7. Shopee.co.id
  8. Detik.com
  9. Kompas.com
  10. Hotstar.com
  11. Tokopedia.com
  12. Tribunnews.com
  13. PPGames.net
  14. Pikiran-rakyat.com
  15. xnxx.xom
  16. Brainly.co.id
  17. Grid.ID
  18. Wikipedia.org
  19. Suara.com
  20. Yandex.com

Alasan Utama Orang di Indonesia Menggunakan Media Sosial (Tahun 2023)

Pengguna internet di Indonesia memiliki beberapa alasan utama dalam penggunaan media sosialnya. Berikut adalah alasan-alasan utama pengguna media sosial di Indonesia:

  • Sebanyak 60,6% menggunakan internet untuk berhubungan dengan teman dan keluarga.
  • Sebanyak 58,2% menggunakan internet untuk mengisi waktu luang.
  • Sebanyak 51,2% menggunakan internet untuk mengetahui apa yang dibicarakan oleh orang lain.
  • Sebanyak 50,4% menggunakan internet untuk mencari inspirasi tentang apa yang akan dilakukan atau produk.
  • dan lain sebagainya.

Platform Media Sosial yang Banyak digunakan di Indonesia Tahun 2023

Persentase pengguna internet yang menggunakan setiap platform media sosial [berbasis survei] ditunjukkan melalui gambar di bawah ini:

  • Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 92,1% dari jumlah populasi, tahun sebelumnya 88,7% (naik).
  • Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 86,5% dari jumlah populasi, tahun sebelumnya 84,8% (naik).
  • Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 83,8% dari jumlah populasi, tahun sebelumnya 81,3% (naik).
  • Pengguna Tiktok di Indonesia sebanyak 70,8% dari jumlah populasi, tahun sebelumnya 63,1% (naik pesat).

Sumber:
https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Dari data yang bersumber dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia saat ini kita menjadi paham bahwa Gereja harus menterjemahkan ulang misiologinya. Apabila kita tidak ikut masuk dan mengambil peran dalam dunia digital secara konkrit maka dipastikan Gereja akan menjadi Usang dan tidak menarik bagi generasi milenial sekarang.

Media online https://warta-gereja.com kami dirikan untuk berusaha melakukan upaya upaya transformasi ke dalam dunia digital seperti tag-line kami yaitu “Membangun Kerajaan Allah di Era Digital”

Kami memiliki program yang diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak yaitu :

  1. Program 1 G 2  W yaitu merekrut minimal setiap 1 gereja ada 2 orang wartawan (Jurnalis) di gereja  tersebut. Para wartawan ini akan menjadi agent of change (agen perubahan) di jemaat gereja dengan kemampuan jurnalistik yang professional membantu mempublikasikan informasi informasi positif tentang kasih, kedamaian, kerukunan, keutuhan ciptaan, isu lingkungan hidup, kepedulian sosial sebagai wujud dari tanda tanda Kerajaan Allah yang telah hadir di tengah tengah masyarakat digital.
  2. Media online WARTA – GEREJA juga membangun sebuah Marketplace dan online shop yang diberi nama https://tokogereja.com  yang akan mendampingi warga gereja melakukan kegiatan ekonomi agar tercapai kesejahteraan financial.
  3. Media warta-gereja.com akan memberikan pemenuhan terhadap informasi informasi yang sesuai dengan misi Kristen dan tokogereja.com akan mendampingi misi gereja untuk pemenuhan kebutuhan materi warga gereja.

Sesuai dengan judul artikel kami “Media Online Warta Gereja Menjadi Sarana Membawa Kedamaian Bagi Dunia di Era Digital” (Sebuah Refleksi Tema Natal PGI – KWI : Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi), Penulis berharap bahwa sekecil apapun usaha untuk membangun Kerajaan Allah di era digital ini dapat menjadi jalan bagi Kemuliaan Nama Tuhan yang telah lahir ke dunia.

Semoga damai Natal menyertai kita semua.

Dharma Leksana, S.Th., M.Si.

  • Pekerja Pers dan Media Online
  • Pemilik dan Pendiri media online warta-gereja.com
  • Pemilik beberapa Media online seperti dibawah ini :

Adapun media media kami antara lain :

  1. https://detik-news.com/
  2. https://indonesiaseharusnya.com/
  3. https://indonesiaseharusnya-jabar.com
  4. https://indonesiaseharusnya-lampung.com
  5. https://infocaleg.online
  6. https://detik-news.biz.id/
  7. https://kantorberita.co.id/
  8. https://kantorberita.biz.id/
  9. https://beritakampus.id/
  10. https://beritakampus.biz.id/
  11. https://beritakampus.online/
  12. https://mediarepublikindonesia.com/
  13. https://mediarepublikindonesia.online/
  14. https://sukarno-suharto.com/
  15. https://sukarno-suharto.online/
  16. https://sukarno-suharto.store/
  17. https://misterinews.com/
  18. https://merdekagroupmedia.com/
  19. https://merdekagroupmedia.online/
  20. https://asosiasipers.com/
  21. https://asosiasipers.online/
  22. https://asosiasipers.store/
  23. https://dettiknews.com/
  24. https://dettiknews.biz.id/
  25. https://perisaihukum.online/
  26. https://perisaihukum.biz.id/
  27. https://hiddenlift.com/
  28. http://hiddenlift.online/
  29. https://hiddenlift.store/
  30. https://pabrikberita.com/
  31. https://pabrikberita.online/
  32. https://pabrikberita.biz.id/
  33. https://metromedia.id/
  34. https://metromedia.online/
  35. https://penyiaran.com/
  36. https://penyiaran.online/
  37. https://penyiaran.store/
  38. https://rakjatmerdeka.com/
  39. https://rakjatmerdeka.online/
  40. https://kompasgroupmedia.com/
  41. https://kanalbhayangkara.com/
  42. https://reportasejabar.com/
  43. https://reportasejabar.online/
  44. https://forumpemilu.com/
  45. https://forumpemilu.online/
  46. https://forumpemilu.store/
  47. https://kurawa.online/
  48. https://koranjayapos.com/
  49. https://kantorhukum.online/
  50. https://cp-tv.com/
  51. https://kompasgrup.com/
  52. https://thejspost.com/
  53. https://thejspost.online/
  54. https://jurnalwicaksana.id/
  55. https://jurnalwicaksana.online/
  56. https://bektiwiratmaka.com/
  57. https://bektiwiratmaka.online/
  58. https://jefriluanmase-lawyer.com/
  59. https://jefriluanmase-lawyer.online/
  60. https://tokogereja.com/
  61. https://warta-gereja.com/
  62. https://cnngroup.com/
  63. https://tribungroup.com/
  64. https://swaramerdeka.com/
  65. https://indonesiaseharusnya.online/
  66. https://indonesiaseharusnya-jabar.online/
  67. https://bataviaschenouvelles.com/
  68. https://jabarindo.com/
  69. https://warta-gereja.online
  70. https://cp-tv.store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *