0 3 min 2 bulan
58 / 100

Beritakampis.id – Bandung – Jawa Barat, Memilih jurusan yang tepat saat masuk ke sebuah universitas ataupun perguruan tinggi menjadi hal yang sangat penting. Selain perlu dilatar belakangi dengan minat belajar, tentunya pemilihan jurusan pun harus diiringi dengan pemikiran proyeksi kedepan. Baik dilihat dari potensi dan peluang penyerapan tenaga kerja ataupun mandiri wirausaha.

Salah satu jurusan perkuliahan yang cukup menjadi perhatian dunia industri dan menjadi jurusan yang cukup prospektif bagi mahasiswa yaitu Geomatika, atau Pemetaan.

Apalagi dimasa era digital seperti sekarang ini, banyak aplikator yang membangun  aplikasi yang menyertakan fitur pemetaan. Seperti halnya aplikasi untuk pengiriman logistik, antar barang dan penumpang serta lainnya di online shop. Termasuk juga hal-hal pembangunan yang berkaitan dengan pengukuran tanah.

Kol. (Purn.) Dr. Ir. Sukanto Hadi, MT. Kaprodi Teknik Geomatika Fakultas Teknik Unjani mengatakan,”Sekarang ini semua orang memerlukan pemetaan. Ilmu atau keahlian tentang Pemetaan banyak dipakai di masyarakat dengan mengunakan aplikasi. Seperti untuk pemesanan makanan dari rumah, itu akan mengandalkan peta digital, cari lokasi tertentu, dimana pesan apa, kemudian cara bayarnya, dan siapa saja datang, itu peta. Tentunya itu membutuhkan SDM yang benar benar paham dalam bidang pemetaan. Hal ini semua adanya di Geomatika.” Ungkapnya kepada awak media di Kampus Teknik Geomatika Unjani Cimahi Jawa Barat.

“Jurusan Geomatika, saat ini menjadi kebutuhan yang krusial untuk dipenuhi oleh masyarakat. Bahkan keahlian Geomatika dicari oleh kalangan instansi pemerintah, BUMN dan BUMD, Perusahaan Multinasional dan lainnya. Selain itu mahasiswa lulusan jurusan Geomatika pun bisa mandiri dengan wirausaha membuka jasa layanan konsultasi pemetaan. Artinya Kuliah di Fakultas Teknik Prodi Geomatika menjadi sebuah pilihan yang perlu diperhitungkan.” Tambahnya.

Saat ini jurusan Geomatika sendiri masih belum terlalu banyak, hanya  beberapa perguruan tinggi saja  yang membuka jurusan tersebut. Salah satunya di Unjani melalui program studi Geomatika Fakultas Teknik Unjani.

Teknik Geomatika Unjani telah memiliki jaringan kerjasama yang luas bersama instansi pemerintah dan perusahaan swasta berkelas Nasional hingga Internasional di bidang Teknologi Survei dan Pemetaan diantaranya  Direktorat Topografi TNI Angkatan Darat (DITTOPAD), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pertanahan Nasional (BPN), ESRI, GPSLANDS dan ASABA.

Teknik Geomatika juga telah bekerjama dengan Asosiasi Profesi di bidang survei dan pemetaan yaitu Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) untuk memberikan Surat Keterangan Ahli (SKA) kepada lulusan teknik geomatika pada tingkat Ahli Muda.

Saat ini Fakultas Teknik Program Studi Teknik Geomatika Membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025.

Untuk dapat masuk menjadi Mahasiswa Teknik Geomatika Unjani ada beberapa jalur yaitu :

  • Jalur PMDK         : 25 Oktober 2023 -3 Februari 2024
  • Jalur Prestasi      : 25 Oktober 03 – 8 September 2024
  • Jalur Bhakti Negeri           : 25 Oktober 2023 – 8 September 2024
  • Jalur Raport                        : 25 Oktober 2023 – 10 Agustus 2024
  • Ujian Saringan Masuk (USM): 25 Oktober 2023 – 10 Agustus 2024
  • Jalur UTBK           : 7 Juli 2024 – 10 Agustus 2024
  • Terbuka juga untuk Kelas Karyawan dan Kelas Kerjasama BPN – DITTOPAD

Lebih detail untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 silakan akses ke website : pendaftaran.unjani.ac.id

Atau dapat hubungi  Contact person : Yoga Kencana di 082243394559 dan Muhammad Iqbal 08522072211

(Dharma El./Red.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *