0 5 min 3 minggu
59 / 100

Beritakampus.id – Jakarta, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly, S.I.K., MH.,M.Si., menghadiri HUT GKJ Jakarta 82 Tahun yang dirayakan pada hari Minggu, 23 Juni 2024 Pukul 08.00 WIB bersamaan dengan kebaktian dan prosesi emiritasi Pdt. Hosea Sudarna.

Perayaan dan Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun ke 82 Gereja Kristen Jawa Jakarta (Rawamangun) sekaligus Prosesi Emiritasi Pendeta Hosea Sudarna, S.Th dihadiri oleh 550 orang warga jemaat dan para tamu undangan serta ribuan jemaat yang hadir juga secara online dalam live streaming Youtube GKJ Jakarta.

Terpantau hadir dalam acara Perayaan dan Ibadah Syukur HUT GKJ Jakarta 82 Tahun dan Prosesi Emiritasi Pdt. Hosea Sudarna di Jl. Balai Pustaka Timur No.1, RT.10/RW.9, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur pada 23 Juni 2024 antara lain :

Perwakilan dari Walikota Jakarta Timur, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly, S.I.K., M.H M.Si. dan jajarannya, Para Tokoh Agama dan Masyarakat, Kolega dari Gereja Gereja dalam ikatan oikumene, Sekretaris Umum Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta Pdt. Dr. Ferry Simanjuntak, M.A., M.Pd.K. dan para pengurus MPH PGIW DKI Jakarta lainnya, Wakil Ketua FKUB Jakarta Timur, Pdt Manuel Raintung Ketua 2 Fungsinaris Majelis Sinode GPIB, Pdt. Yohanes Handoyo GKSBS Metro Lampung, Pdt. (Em) Dr. Kadarmanto Hardjowasito, Dharma Leksana, S.Th., M.Si. Pendiri Warta-gereja.com, BAPELSIN XXIX GKJ & BAPELKLAS XIX GKJ JBT, Pengurus dan anggota Wadah Komunikasi dan Pelayanan Umat Bersama (WKPUB), Forum Pelita Srikandi GKJ, Keluarga ALM. RSM. Moelyodwiatmoko, Pondok Pesantren Inggris “Assalam”, Para Pendeta dan Vikaris yang lain serta Keluarga besar Segenap Majelis dan Jemaat  GKJ Jakarta.

Dalam sambutannya Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly, S.I.K., M.H M.Si. menyampaikan ucapan selamat kepada Jemaat GKJ Jakarta yang telah 82 tahun berkarya menghadirkan kerukunan antar umat beragama , damai sejahtera dan kondusifitas kamtibmas di wilayah Jakarta Timur bahkan dimulai sejak sebelum Indonesia merdeka, mengingat usia Gereja Kristen Jawa Rawamangun yang saat ini memasuki usia 82 Tahun.

Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly mengatakan,” Kepada seluruh Jemaat Gereja Kristen Jawa Jakarta yang selalu berpartisipasi, selalu bergandengan tangan dengan kami untuk menjaga kondusifitas kamtibmas di Jakarta timur, terimakasih kepada Pdt. Hosea Sudarna yang juga terlibat menjaga Kamtibmas bersama sama dengan Pak Kyai disini yang tergabung dalam FKUB.” Ungkapnya.

Secara terpisah Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly juga memberikan ucapan selamat untuk Pendeta Hosea Sudarna, S.Th. yang hari ini telah memasuki masa emeritus.

Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly mengatakan,” Kami memberikan selamat kepada Pdt. Hosea Sudarna yang telah memasuki masa emeritus. Semoga Bapak Pendeta tetap semangat, seperti yang tertulis dalam II Tawarikh 15 ayat 7 kuatkan hati, jangan lemah semangat karena ada upah bagi usaha. Bapak Pendeta selamat berjuang di lading yang baru menjalankan misi Kristus ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.” Ucapnya.

Perayaan dan Ibadah HUT 82 Tahun GKJ Jakarta mengangkat tema “Tongkat Yang Menjadi Jembatan!” dengan Pelayan Firman Pdt. Hosea Sudarna, S.Th.  dimulai dengan menayangkan video “KISAH PERJALANAN GKJ JAKARTA” persembahan tarian Dua Penari Pembawa Gunungan  diringi lagu “Dandang Gula:  Sugeng Ambal Warsa GKJ Jakarta”.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan narasi MASA PEZIARAHAN, KISAH PERKEMBANGAN PERIBADATAN, PELAYANAN GKJ JAKARTA, SEPULUH PENDETA & 5 ROTI 2 IKAN dan IMPIAN & HARAPAN KE DEPAN, SEBUAH EPILOG disambut dengan KESAKSIAN PUJIAN PSA Colibri: ”Biar Anak-anak Datang KepadaKU”, lalu Pelayanan Firman oleh Pdt. Hosea Sudarna.

Usai Pelayanan Firman ditampilkan Kesaksian Pujian Kel. Pdt Hosea Sudarna dengan judul lagu: “Bridge Over Troubled Water”- ditutup dengan Pengakuan Iman Rasuli yang direspon jemaat dengan menyanyikan MARS GKJ.

PROSESI SYUKUR EMERITASI PDT HOSEA SUDARNA, S.TH.

Usai Kebaktian acara dilanjutkan dengan Prosesi Syukur Emiritasi Pdt. Hosea Sudarna, S.Th.dengan Pembacaan  Narasi Singkat Perjalanan Pdt Hosea Sudarna, S.Th.,  Pembacaan Informasi Emeritasi Pdt. Em. Hosea Sudarna, S.Th  yang disambut dengan Kesaksian Pujian: PS. Pawestri – “Panyuwunan” dan Doa Ucapan Syukur Emeritasi Pdt. Hosea Sudarna, S.Th.

Dalam Prosesi Syukur Emiritasi Pdt. Hosea Sudarna juga dilakukan :

Penyerahan Salinan SK Emeritasi kepada BAPELSIN XXIX GKJ & BAPELKLAS XIX GKJ JBT

Penyerahan Pdt. Em. Hosea Sudarna, S.Th. kepada jemaat GKJ Jakarta,

penugasan sebagai Pendeta Pastoral Camp, dan Persembahan Buku Tongkat Yang Menjadi Jembatan

Disambut dengan Kesaksian Pujian: PS Pranagita – “How Great Thou Art”.

PROSESI DAN POTONG TUMPENG HUT 82 GKJ JAKARTA

Dalam Prosesi Dan Potong Tumpeng HUT 82 GKJ JAKARTA semua pendeta GKJ Jakarta naik ke depan  dan Pdt Hosea memotong tumpeng dan memberikan kepada Pdt. (Em) Dr. Kadarmanto Hardjowasito, Th.M, dan 2 perwakilan jemaat.

Prosesi Dan Potong Tumpeng HUT 82 GKJ JAKARTA ditutup dengan Nyanyian Syukur: HYME GKJ, DOA SYAFAAT dan PERSEMBAHAN  dengan Ayat pengantar: 2 Korintus 8:15 serta Nyanyian Persembahan:  “Bersoraklah dan Puji Tuhan”- PKJ 5 ditutup dengan Doa  Persembahan, lalu Jemaat secara bersama melantunkan  DOA BAPA KAMI  Pdt. Eko Iswanto – dengan gerakan dilanjutkan dengan NYANYIAN PENGUTUSAN KJ 370 1-3: “Ku Mau Berjalan Dengan Jurus’lamatku dan BERKAT KJ 350: 1-3 – ”O Berkati Kami”

Berikutnya adalah sambutan sambutan :

Sambutan oleh Ketua Umum Majelis Jemaat GKJ Jakarta Pnt. Ernanto Prabowo

Sambutan Ketua BAPELSIN XXIX GKJ & BAPELKLAS XIX GKJ JBT Bp. Haryanto,

Sambutan Visitator Sinode GKJ Ke 29 Pdt. Dwi Argo Mursito, M.Si.,

Sambutan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Nicolas Ary Lilipaly, S.I.K., MH.,M.Si.,

Sambutan  Sekretaris Umum Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta Pdt. Dr. Ferry Simanjuntak, M.A., M.Pd.K.,

Sambutan dari Wadah Komunikasi dan Pelayanan Umat Bersama (WKPUB) Jakarta Timur Dra. Alice Imbran Punu,

Sambutan dari FKUB Jakarta Timur Bp. KH. Zainuri,

Sambutan Walikota Jakarta Timur diwakili oleh Wakil Camat Pulogadung Bp. Agus Purwanto, S.Sos.,

Keseluruhan kegiatan Ibadah dan Perayaan HUT GKJ Jakarta Ke 8 Tahun serta Prosesi Emiritasi Pdt. Hosea Sudarna diakhiri dengan Pengkhotbah mengambil Alkitab dan menyerahkan kepada Pendamping Pengkhotbah, Seorang anggota Majelis mematikan Lilin Ibadah,                Lonceng Berbunyi, Salam Namaste dan SAAT TEDUH – PS Pranagita – “Bridge Over Troubled Water”. (Dharma EL/ Carlla Waworuntu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *